Individu Keluarga dan Masyarakat


1. Pendahuluan

    Manusia termasuk dalam Individu, keluarga, dan masyarakat. Karena itu manusia tidak dapat hidup sendiri yang artinya manusia adalah mahluk sosial. Setiap manusia pasti membutuhkan orang lain.

2. Pembahasan

    Masyarakat adalah sekumpulan individu yang terdiri dari berbagai golongan. Masyarakat saling berkumpul untuk mencapai tujuan bersama. Masyarakat saling bergantung satu sama lain.
     
     Individu diarahkan oleh keluarga supaya bisa berbaur didalam lingkungan masyarakat. Sehingga individu dapat berfikir dewasa dan dapat terbiasa melakukan hubungan sosial terhadapat masyarakat. Individu akan saling bergabung dan akan membentuk suatu kelompok.

3. Sub Pokok Pembahasan

Pertumbuhan Individu

     Individu adalah manusia yang hidup berdiri sendiri yang mempunyai ciri khas masing-masing. Pertumbuhan merupakan akibat dari adanya pengaruh lingkungan. Lingkungan berpengaruh besar terhadap perubahan pola perilaku individu. Bisa berupa pola perilaku yang baik maupun yang tidak baik.

      Faktor yang mempengaruhi perubahan individu :
1. Faktor Biologis
Setiap individu tidak semua memiliki karakteristik fisik yang sama.
2. Faktor Geografis
Setiap lingkungan fisik yang baik akan membawa kebaikan pula pada penghuninya. Sehingga hubungan antar individu dapat bisa berjalan dengan baik dan menimbulkan kepribadian individu yang baik. Begitu sebaliknya jika lingkungan fisiknya tidak baik maka hubungan antar individu tidak dapat berjalan dengan baik.
3. Faktor Kebudayaan Khusus
Perbedaan kebudayaan dapat mempengaruhi kepribadian anggotanya. Namun, tidak berarti semua individu yang ada di dalam masyarakat yang memiliki kebudayaan yang sama juga memiliki kepribadian yang sama juga.

Fungsi Keluarga

        Fungsi keluarga adalah tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh keluarga tersebut. Fungsi keluarga menurut Friedman adalah :
1. Fungsi Afektif
Fungsi sebagai dasar kekuatan keluarga tekait dengan saling mengasihi, saling mendukung, dan saling menghargai antar anggota keluarga.
2.  Fungsi Sosialisasi
Fungsi yang mengembangkan proses interaksi dalam keluarga. Sosialisasi dimulai sejak lahir dan keluarga merupakan tempat individu untuk belajar bersosialisasi.
3.  Fungsi Reproduksi
Fungsi keluarga untuk meneruskan kelangsungan keturunan dan menambah sumber daya manusia.
4.  Fungsi Ekonomi
Fungsi keluarga untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarganya yaitu : sandang, pangan dan papan.

Golongan Masyarakat

        Golongan masyarakat terbagi menjadi 2 bagian :
1. Masyarakat Sederhana, pola pembagian kerja dibedakan berdasarkan jenis kelamin.
2. Masyarakat Maju, kelompok organisasi kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan yang akan dicapai.

Hubungan antara Individu,Keluarga, dan Masyarakat

Manusia sebagai makhluk individu yang hidup dalam keluarga dan bermasyarakat, akan terjadi interaksi dalam kehidupan bermasyarakat, oleh karena itu manusia hidup saling membutuhkan dan saling ketergantungan.


Urbanisasi

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Proses terjadinya urbanisasi adalah sebagai berikut :
·   Kehidupan kota yang lebih modern
·   Banyak lapangan pekerjaan di kota
·   Pendidikan lebih berkualitas
·  Lahan pertanian semakin sempit
·  Terbatasnya sarana dan prasarana di desa

Daftar Pustaka


Komentar

Postingan Populer