Audit Teknologi Sistem Informasi


Pengertian Audit

“Audit sistem informasi adalah proses pengumpulan dan penilaian bukti – bukti untuk menentukan apakah sistem komputer dapat mengamankan aset, memelihara integritas data, dapat mendorong pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan menggunakan sumberdaya secara efisien”. Ron Weber (1999,10) mengemukakan bahwa audit sistem informasi adalah :
” Information systems auditing is the process of collecting and evaluating evidence to determine whether a computer system safeguards assets, maintains data integrity, allows organizational goals to be achieved effectively, and uses resources efficiently”.
  
Tujuan Audit

Aset informasi suatu perusahaan seperti perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), sumber daya manusia, file data harus dijaga oleh suatu sistem pengendalian intern yang baik agar tidak terjadi penyalahgunaan aset perusahaan. Dengan demikian sistem pengamanan aset merupakan suatu hal yang sangat penting yang harus dipenuhi oleh perusahaan.

b. Menjaga Integritas Data
Integritas data (data integrity) adalah salah satu konsep dasar sistem inforamasi. Data memeiliki atribut-atribut tertentu seperti: kelengkapan, keberanaran, dan keakuratan. Jika integritas data tidak terpalihara, maka suatu perusahaan tidak akan lagi memilki hasil atau laporan yang beanr bahkan perusahaan dapat menderita kerugian

c. Efektifitas Sistem
Efektifitas sistem informasi perusahaan melikiki peranan pentigndalam proses pemgambilan keputusan. Suatu sistem informasi dapat dikatakan efektif bila sistem informasi tersebut telah sesuai dengan kebutuhan user

Peralatan Audit TI
ACL
ACL (Audit Command Language) merupakan sebuah software CAAT (Computer Assisted Audit Techniques) yang sudah sangat populer untuk melakukan analisa terhadap data dari berbagai macam sumber. ACL menghubungkan user dengan kumpulan data dan menawarkan kemungkinan untuk melakukan analisis risiko yang canggih dan untuk mendeteksi penyimpangan dari kata kunci yang tidak dapat user tunjukkan dari informasi bisnis umum. 


Picalo
Picalo adalah pustaka Python untuk membantu semua orang yang bekerja dengan file data,terutama yang bekerja dengan data relasional / spreadsheet. Hal ini ditujukan untuk peneliti dan peneliti yang mencari pintu set data untuk anomali, tren dan informasi lainnya, tetapi itu umumnya berguna untuk semua jenis data dari file teks.
Salah satu tujuan utama Picalo adalah membuat database relasional lebih mudah digunakan. Setelah user memiliki tabel Picalo, user dapat menambahkan, memindahkan, atau menghapus kolom; bekerja dengan catatan (horisontal irisan data); pilih dan kelompokkan rekaman dengan cara yang berbeda; dan melakukan analisis pada tabel. Picalo berisi adaptor untuk database populer, dan menyediakan objek kueri yang terlihat seperti kueri sama seperti tabel biasa (kecuali langsung dari database).
 

Komentar

Postingan Populer