Subject, Verb, Complement dan Modifier


DEFINISI

VERB

Verb adalah kata kerja. Kata kerja dalam bahasa inggris selalu berubah sesia dengan waktunya. Perubahan bentuk kata kerja yang dipengaruhi oleh waktu disebut dengan tense.
Berikut adalah empat bentuk kata kerja (verbs) dalam Bahasa Inggris, yaitu bentuk kata kerja:
  • pertama (verb 1/present)
  • kedua (verb 2/ past)
  • ketiga (verb 3/past participle)
  • ‘sedang’ (verb-ing/present participle)

Bentuk Kata Kerja (Verb) dalam Bahasa Inggris
  • Verb 1
    Bentuk kata kerja pertama disebut verb 1 (V1) atau present. Kata kerja ini adalah kata kerja bentuk asal (infinitive) yang biasa digunakan dalam kalimat simple present tense. Bentuk kata kerja ini sama dengan bentuk kata kerja asal, tetapi selalu diakhiri oleh akhiran -s, -es, -ies untuk subyek orang ketiga singular (he, she, it) dalam kalimat simple present tense.
  • Verb 2
    Bentuk kata kerja kedua disebut verb 2 (V2) atau past. Kata kerja ini biasa digunakan dalam kalimat simple past tense. Bentuk kata kerja kedua dibagi menjadi 2, yaitu regular verb (kata kerja beraturan) dan irregular verb (kata kerja tidak beraturan).
  • Verb 3
    Bentuk kata kerja ketiga disebut verb 3 (V3) atau past participle. Kata kerja ini biasa digunakan dalam kalimat perfect tense dan passive voice. Sama seperti bentuk kata kerja kedua, bentuk kata kerja ketiga dibagi menjadi 2, yaitu regular verb (kata kerja beraturan) dan irregular verb (kata kerja tidak beraturan).
  • Verb-ing
    Bentuk kata kerja ‘sedang’ disebut verb -ing atau present participle. Kata kerja ini biasa digunakan dalam kalimat continuous tense. Dalam penggunaannya, bentuk kata kerja ini didahului oleh auxiliary verb (kata kerja bantu) be (is, am, are, was, were).


SUBJECT

Subject merupakan orang atau sesuatu yang menjadi topik pembicaraan dalam kalimat. Atau bisa juga dikatakan subject merupakan pelaku dari kegiatan atau hal yang diceritakan dalam kalimat. Menurut jenisnya, subject dibagi menjadi tiga: simple subject, complete subject, dan compound subject.

Contoh :
1.      Wisnu goes to Solo on holiday. Contoh disamping merupakan jenis simple subject.
2.     That girl goes to Solo on holiday. Contoh disamping merupakan jenis complete subject dimana "that girl" yang menjadi contoh complete subject. 
3.    Wisnu and Yuda go to Solo on holiday. Contoh disamping merupakan jenis compound subject. "Wisnu and Yuda" yang menjadi contoh compound subject.


COMPLEMENT

Complement merupakan kat benda (noun) dan kata kerja (verb). Jika sebagai kata benda, memiliki arti "pelengkap", jika sebagai kata kerja dapat berarti "melengkapi" atau "to complete" dengan artian melengkapi satu sama lain atau melengkapi sehingga menjadi sempurna, lebih baik, atau menarik. Jika menggunakan kata complement, dikatakan untuk menyatakan sesuatu yang cocok bersama atau melengkapi atau membuat tampak lebih baik. Contoh : This new service is intended to complement existing facilities.


MODIFIER

Modifier adalah kata, phrase atau clause di dalam bahasa inggris yang memiliki fungsi sebagai adjective (kata sifat) atau adverb (kata keterangan) yang menerangkan kata atau kelompok kata lain. Kata atau kelompok kata yang diterangkan tersebut dikenal dengan Head.

Fungsi sebagai adjective (dapat berupa simpel adjective, adjective phrase, clause, participle atau infinitiv : menerangkan noun. Contoh : She found a chocolate put on my bag.
Fungsi sebagai adverb (dapat berupa simple adverb, adverb phrase, clause, prepositional phrase atau infinitive): menerangkan verb, adjective atau adverb lain. Contoh : He plays violin so beautifully.



Referensi :

Komentar

Postingan Populer