Control Objective for Information and Related Technology (COBIT)




   Control Objective for Information and Related Technology adalah panduan standar teknologi informasi. COBIT adalah standar yang dinilai paling lengkap dan menyeluruh sebagai framework audit sistem informasi. Sasaran pengguna dari framework COBIT adalah organisasi/perusahaan dari berbagai latar belakang dan para profesional external assurance. Tujuan utama Cobit adalah memberikan kebijaksanaan yang jelas bagi IT Governance bagi organisasi di seluruh dunia untuk membantu manajemen senior untuk memahami dan mengatur resiko yang berhubungan dengan IT.


    Konsep dasar kerangka kerja COBIT adalah bahwa penentuan kendali dalam TI berdasarkan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung tujuan bisnis dari informasi yang dihasilkan dari gabungan penerapan proses TI dan sumber daya yang terkait. Terdapat dua jenis model kendali yaitu model kendali bisnis dan model kendali TO. Kerangka kerja COBIT terdiri dari tiga tingkat, yaitu activities dan task, process, serta domains. Activity dan task merpakan kegiatan rutin yang memiliki konsep daur hidup, sedangkat task merupakan kegiatan dilakukan secara terpisah.


       COBIT memiliki 4 cakupan domain, yaitu :
    1. Perencanaan dan organisasi (plan and organize)
      Domain ini menitikberatkan pada proses perencanaan dan penyelarasan strategi TI dengan strategi perusahaan, mencakup masalah strategi, taktik dan identifikasi.
    2. Pengadaan dan implementasi (acquire and implement)
      Domain ini berkaitan dengan implementasi solusi IT dan integrasinya dalam proses bisnis organisasi untuk mewujudkan strategi TI.
    3. Pengantaran dan dukungan (deliver and support)
      Domain ini mencakup proses pemenuhan layanan IT, keamanan sistem kontinyuitas layanan, pelatihan dan pendidikan untuk pengguna, dan pemenuhan proses data yang sedang berjalan.
    4. Pengawasan dan evaluasi (monitor and evaluate)
      Domain ini berfokus pada masalah kendali-kendali yang diterapkan dalam organisasi, pemeriksaan internd dan ekstern dan jaminan independent dari proses pemeriksaan yang dilakukan.

                  https://id.wikipedia.org/wiki/COBIT

Komentar

Postingan Populer